Sains + Tekno
Go-Jek, Aplikasi Layanan Ojek Digital
TRENDNEWS.co.id - Teknologi kini semakin berkembang. Semua bidang mulai merambah untuk menggunakan teknologi agar mempermudah pekerjaannya. Termasuk ojek. Ya, angkutan umum roda dua ini tidak ingin kalah dan tertinggal dengan perkembangan teknologi yang ada.
Biasanya, angkutan umum ini mudah dijumpai di pinggir dan sudut jalanan, apalagi di kota besar seperti Jakarta. Tapi bagaimana jika ketika kita sangat membutuhkan jasa ojek, kita tidak dapat menemukannya?
Pengguna ojek kini tidak perlu khawatir. Sebuah perusahaan rintisan (startup) bernama Go-Jek merilis aplikasi mobile yang dapat digunakan untuk memesan ojek tanpa harus mencari pangkalan di sudut jalan.
Aplikasi ini hadir pada ponsel berbasis iOS dan Android. Untuk ponsel iOS pengguna dapat mengunduh secara gratis di AppStore dan untuk ponsel Android, dapat diunduh melalui Google Play Store.
Ketika pertama kali dibuka, aplikasi ini terlihat sangat sederhana. Pengguna yang pertama kali menggunakan aplikasi ini diharuskan melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Tentu saja yang dibutuhkan untuk registrasi ini adalah alamat email, password, dan nama pengguna.
Setelah mendaftar dan melakukan login, pengguna akan dibawa ke halaman muka dan dihadapkan pada tiga pilihan jasa yang dapat dimanfaatkan, Instant Courier, Transport, dan Shopping.
Pertama adalah instant courier. Dengan menggunakan pilihan ini, pengguna akan mendapatkan layanan untuk antar jemput barang. Layanan ini hanya dapat digunakan dalam kota Jakarta. Keuntungan dengan menggunakan Go-Jek barang yang dikirim dijanjikan sampai dalam hitungan jam.
Kedua adalah Transport. Ini adalah layanan utama yang diberikan Go-Jek. Dengan pilihan ini pengguna dapat memesan ojek dengan sangat mudah. Caranya, ketika menu ini dipilih akan hadir tampilan peta yang memperlihatkan beberapa ojek terdekat.
Kemudian pengguna hanya diharuskan mengisi beberapa kolom seperti lokasi keberangkatan dan tujuan. Keuntungan lainnya adalah Go-Jek menyediakan masker dan penutup rambut untuk digunakan penumpangnya. Tentu saja ini diberikan secara gratis agar penumpang merasa lebih nyaman.
Layanan ketiga adalah Shopping. Dengan pilihan ini pengguna dapat meminta bantuan Go-Jek untuk berbelanja, memesan makanan, bahkan membeli tiket perjalanan. Go-Jek hanya dapat melayani pembelanjaan dengan harga di bawah Rp 1 juta. Untuk menggunakan layanan ini pengguna diharuskan mengisi beberapa kolom yaitu tempat pembelian, benda yang akan dibeli dan tujuan pengiriman.
Go-Jek juga menggunakan tarif yang relatif sama dengan ojek pada umumnya. Uniknya, metode pembayaran dapat dilakukan dengan cara langsung (cash) atau melalui credit. Pada aplikasi ini tersedia pilihan "My Wallet". Isinya adalah informasi mengenai uang digital yang kita miliki.
Credit ini cara kerjanya menggunakan saldo yang telah diisi terlebih dahulu. Seperti pulsa ponsel, kita bisa melakukan pengisian saldo melalui ATM terdekat. Saldo minimal yang dapat diisi adalah sebesar Rp 100 ribu. Jadi ketika pengguna tidak membawa uang saat menggunakan Go-Jek, pengguna dapat membayarnya melalui saldo ini.
Seluruh layanan dalam aplikasi ini juga terintegrasi dengan GPS pada ponsel. Jadi ketika Go-Jek mengirimkan sebuah barang, belanja, atau menjemput dan mengantar penumpang, dapat dilacak dengan mudah melalui peta yang tertera pada aplikasi.
Aplikasi ini sangat mudah digunakan. Selain tampilan dan pilihan menu yang sederhana dan tidak berbelit-belit, aplikasi ini dapat dengan cepat memanggil layanan Go-Jek terdekat. Sayangnya aplikasi ini tidak direkomendasikan ketika pengguna benar-benar membutuhkan ojek saat itu juga. Karena dalam menggunakan aplikasi ini layanan ojek yang dipesan membutuhkan waktu dari 10 hingga 15 menit untuk melakukan penjemputan.
(CNN)